Hi! Hello! Welcome! :D

Senin, 07 November 2011

Yo! Gurt!

Gila hari ini bad mood banget. Oke langsung ke topik ajah.

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt pada produksi modern sekarang memang kebanyakan berasal dari susu sapi. Tapi yoghurt juga bisa terbuat dari susu apa saja, termasuk susu kedelai. Fermentasi gula susu atau laktosa menghasilkan asam laklat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan terkstur seperti gel dan bau unik pada yoghurt. Selain dijual dengan rasa apa adanya, yoghurt juga dijual dengan rasa buah, bahkan ada rasa vanila dan coklat.


Susu budidaya telah diproduksi sejak milenium ke-3 SM. Kemungkinan yoghurt terfermentasi secara tidak sengaja oleh bakteri liar yang hidup pada tas kulit kambing yang dibawa oleh bangsa bulgar. Sekarang, banyak negara yang memiliki yoghurtnya sendiri, meskipun belum ada bukti jelas siapa yang menemukan yogurt. Pertama kali orang Eropa mengenal yoghurt dapat dilihat pada sejarah klinik Perancis, ketika Francis I menderita diare yang mematikan dan para dokter tidak dapat menyembuhkannya. Namun, sekutunya Suleiman si Hebat mengirim seorang dokter dan dengan bantuan yoghurt, ia dapat disembuhkan. Orang Eropa mengenal yoghurt karena insiden tersebut.

 Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu yang dibuat. Yoghurt yang telah dipasteurisasi juga memiliki rentang hidup yang panjang dan tidak membutuhkan kulkas. Karena struktur laktosa pada yoghurt telah dirusak, yoghurt dapat dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu. Yoghurt sangat kaya dengan vitamin B.

Dadiah atau Dadih

Indonesia juga punya yoghurt tradisional lho, yaitu dadiah atau dadih. Adalah yoghurt yang terbuat dari susu kerbau khas Minangkabau, Sumatra Barat. Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang telah dilayukan di atas api. Proses fermentasinya membutuhkan waktu sekitar 24 jam - 4 hari.

Yap, thats all for today :)

2 komentar: