Hi! Hello! Welcome! :D

Sabtu, 05 November 2011

Mama Marshmallow (?)

Seperti biasa ada curcolan. Kemaren gak sempet ngepost. Jalan-jalan getoh mumpung bokap di Jakarta. Trus malem kemaren nonton Real Steel. Keren banget. Robot-robot gitu. Yang main kayaknya yang jadi Wolvrine x-men. Kayaknya. Dan anaknya, max, ganteng baaaaanget. Rada mirip abang freddeh (Freddie Highmore maksudnyah). Unyuu. Udah itu doang. Maaf yah suka melenceng.

So kita langsung aja ke topik. Marshmallow. Jujur, gue sendiri rada mual sendiri kalo kebanyakan makan marshmallow. (Tuh kan curcol lagi). Marshmallow atau di bahasa Indonesia-kan manisan kenyal, adalah makanan ringan yang bertekstur lembut dalam berbagai bentuk, warna, dan aroma. Karena terbuat dari campuran gula /sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok sampai mengembang, marshmallow akan langsung meleleh ketika masuk mulut. Marshmallow emang paling enak dipanggang di atas api. Ketika dipanggang, bagian dalamnya akan sedikit meleleh, sedangkan luarnya mengalami karamelisasi (ea).


Nah kenapa manisan kenyal ini dinamakan marshmallow? Soalnya dulu, bahannya memakai sari akar tanaman semak Althaea (genus) / marshmallow (Althea officinalis), bukan gelatin. Dan percaya gak percaya ada lebih dari 1.000 cara untuk membuat marshmallow.

Pohon Marshmallow
Jujur gue agak shock baca ini. Hippocrates, bapak kedokteran memakai marshmallow untuk mengobati memar dan mencegah kehilangan darah. Disocrides menulis sifat-sifat positif marshmallow, Horace memuji sifat laksatif (pereda sembelit) dari daun dan akar tanaman marshmallow. Dokter di Romawi menggunakan marshmallow untuk mengobati gigitan serangga, bengkak karena kedinginan, dan kulit iritasi. Penduduk di Cina, Mesir, dan Roma memakan berbagai jenis marshmallow. Penduduk Prancis memakan bunga dan daunnya dalam bentuk salad. Di Eropa, marshmallow dugunakan untuk meredakan sakit gigi, gigitan serangga, gangguan pencernaan, dan diare.Bayi yang baru tumbuh giginya pun diberikan marshmallow.

Banyak banget manfaat marshmallow, tapi inget ya, yang untuk menyembuhkan ini itu tuh marhmallow yang terbuat dari tumbuhan marhmallow itu. Bukan marhmallow sekarang yang terbuat dari gelatin. Kalo luka kasih aja betadine, gak usah kasih marshmallow (?)



2 komentar: