Hi! Hello! Welcome! :D

Rabu, 02 November 2011

1st, Rendang!

Yap. Buat posting ini kita membahas tentang 'pertama'. Mumpung post pertama gituh -_-v. Kita bakalan bahas tentang Rendang. Kenapa rendang? Karena Rendang tercatat sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia, dalam 'World's 50 Most Delicious Food versi CNN Internasional. Rendang mengalahkan Sushi dari Jepang dan Dim Sum dari Hongkong. Bangga dong jadi Indonesian B)

Rendang adalah makanan khas Minangkabau, atau Sumatera Barat. Rendang merupakan masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Rendang juga menggunakan kelapa, cabai, lengkuas, serai, bawang, dan aneka bumbu khas lainnya.

Rendang juga memiliki makna budaya, lho. Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah, yang berangkat dari 4 bahan pokok, yaitu:

  1. Dagiang (daging sapi), merupakan lambang dari "Niniak Mamak" (para pemimpin Suku adat)
  2. Karambia (kelapa), merupakan lambang "Cadiak Pandai" (kaum Intelektual)
  3. Lado (cabai), merupakan lambang "Alim Ulama" yang pedas, tegas untuk mengajarkan syariat agama
  4. Pemasak (bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Jenis rendang ada 2, yaitu kering dan basah. Rendang kering biasanya dapat disimpan selama tiga sampai empat bulan, dan digunakan untuk acara-acara seremonial atau tamu kehormatan. Rendang basah, juga dikenal dengan kalio dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang, dan hanya dapat bertahan dalam waktu satu bulan.



Hayo, siapa yang gak suka rendang? Bule aja suka, kenapa kita orang Indonesia engga? :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar