Hi! Hello! Welcome! :D

Rabu, 09 November 2011

Martabak Maniez

Hem. Langsung aja ke topik.

Martabak manis, terang bulan, atau kue bulan adalah makanan camilian sejenis kue dadar yang biasa disajikan di pinggir jalan di Indonesia.

Nama penganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Bagi daerah yang menamakannya kue bulan atau terang bulan, penggemarnya merasa bingung, mengapa kue ini diberi nama martabak. Karena terang bulan berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak (Martabak Asin, besok bakalan di bahas kok :D). Namun bagi daerah yang biasa menamakannya martabak manis, maka makanan martabak dibagi menjadi dua, yaitu martabak manis dan martabak asin. Di Malaysia makanan ini desebut apam balik, kue atau martabak terang bulan, Martabak Bangka, kue pinang, bandung, atau Martabak Jepang (kok jadi jepang sih...). Di Pontianak makanan ini dinamakan apam pinang.

Adonan kulit martabak terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi. Adonan ini kemudian dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Sebagai pengisi biasanya diberikan taburan gula butir, coklat butir (meses), dengan biji wijen dan kacang tanah yang dicacah, atau parutan keju, yang disiram susu kental manis, dan diolesi mentega dan margarin yang cukup banyak.


Kalo sayah pribadi sih sukanya rasa coklat kacang sama keju. Dan paling enak makan martabak manis malem-malem. Jam 11-an (curcol kk)          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar